I.
Latar Belakang
Perpustakaan merupakan pintu gerbang pengetahuan,
menyediakan kebutuhan dasar bagi pembelajaran sepanjang hayat, serta
pengembangan kebebasan dan budaya, baik bagi individu maupun kelompok.
Perpustakaan dapat diartikan sebagai suatu unit kerja
dari suatu badan atau lembaga tertentu yang menghimpun, mengelola bahan-bahan
pustaka, baik itu berupa buku-buku maupun berupa bukan berupa buku yang diatur
secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga dapat digunakan sebagai
sumber informasi oleh pemakainya. Sedangkan perpustakaan sekolah adalah suatu
perpustakaan yang ada di sekolah guna menunjang program belajar mengajar di
lembaga pendidikan, baik sekolah dasar maupun sekolah menengah.
Waktu dan
Tempat Kegiatan
Acara ini
dilaksanakan pada:
Hari /
Tanggal
: Jum’at, 12 Desember 2014.
Pukul
: 13.00 WIB - Selesai.
Tempat
: Jl. Sumbawa Raya 3 Perumnas III, Jakarta.
II.
Pembahasan
Selamat pagi Ibu maaf mengganggu kami dari kelas
akselerasi akan melakukan wawancara tentang perpustakaan ini. Mohon Ibu
bersedia sebagai Narasumber dalam wawancara ini.
1.
Pengunjung perpustakaan SMAN 2 Jakarta per-hari
rata-rata berapa bu? Sedikit, sedang atau banyak?
2.
sekarang ini anak-anak
senang ke perpustakaan , mungkin perpustakaan ini membantu dalam dia belajar,
fasilatasnya. Dulu dulunya minat baca anak-anak
kurang, bahkan dulu ibu bikin resume
untuk menambah minat baca anak-anak, fasilitas ibu juga lengkapi.
2.
Perpustakaan ini mulai banyak pengunjungnya sekitar tahun berapa buk?
sekitar 7 tahun yang
lalu, sebelum itu perpustakaan itu dipandang sebelah mata oleh anak-anak,
mungkin karena fasilitas kurang, buku-bukunya tidak lengkap. Ibu mulai bertugas
disini dari tahun 2000, dulu perpustakaannya letaknya di belakang UKS, pengelolaannya
tidak begitu, setelah ibu dapat penataran, sekian kali penataran, dapat
tambahan tentang perpustakaan, dan
sebetulnya jurusan ibu bukan perpustakaan, jurusan ibu umum, tetapi
setelah ibu mengelola ini mulai tahun 2000, melihat keadaannmya seperti itu, ya
perlu saya perbaiki, setelah ibu sekian kali ada disini dan tujuan ibu
memperbaiki perpustakaan ini, sehingga anak-anak itu senang ke perpustakaan.
Sebelum itu ada reward
untuk anak anak yang sering ke perpustakaan dapet hadiah kecil-kecilan, makanya
anak-anak senang jadinya, dan untuk menarik perhatian anak-anak.
3.
Buku jenis apa yang lebih disukai/diminati
bu, fiksi ataukah nonfiksi bu?
tergantung
anak-anaknya, kalo dia itu jurusannya IPA kalo anak-anaknya pintar pintar, ibu
tau mana anak yang pintar mana yang tidak. Kalo anak yang pintar pasti dia
mencari buku pelajaran, kalo umpanya menjelang libur dia mencari fiksi untuk refreshing mungkin,
seperti novel komik. Kalo anaknya pintar seperti IPA8, IPA7, pasti dia mencari
buku ilmu murni. Tapi kalo anak IPS biasanya kebanyakan dia mencari fiksi.
4.
Dari segi tingkatan kelas, kelas apa yang sering mengunjungi perpustakaan
bu?
ya jelas kelas XII
karena akan menjelang ujian. Menurut pengamatan ibu sementara ini.
5.
Bagaimana dengan keterlambatan pengembalian buku atau buku yang rudak itu
bu?
kalau buku rusak ibu tidak pernah mempersahkan, tapi ibu tegur
saja, karena kalau buku itu lusuh, lusuh itu wajar, karena anaknya itu senang
belajar kan. Mungkin ada anak yang jorok , mungkin ditiduri, nah jangan sampai
seperti itu. Kalau buku rusak itu karena dibaca,
itu tidak bermasalah, itu bagus bagi ibu,
malah kalau buku itu bersih, kan keliatan anak itu tidak pernah dibaca bukunya.
Kalau dia terlambat mengembalikan ibu kenakan sanksi juga, kena denda Rp.500
perharinya. Itu hanya untuk disiplin.
6.
Buku di perpustakaan ini semua dari
dana sekolah apa ada bantuan lain bu?
ada bantuan dari BOP,
dana BOS, instansi masing masing, ada koperasi, Dinas Pendidikan. Ada alumni
yang menyumbangkan. Itu ibu terima dengan senah hati, ibu kelola,ibu cap,
diisikan barkot, punggung buku.
7.
Bagaimana dengan perpustakaan maya/online bu? apakah akan disosialisasikan
bu?
waktu yang lalu kan
ibu penataran ke bogor, konsultasi dengan SMA di malang, SMA malang itu punya
kelas akselerasi. Trus kalo kelas akselerasi mau minjam buku, dia tinggal
nelpon ke perpustakaan dan petugas akan membawakan bukunya ke kelas akselerasi
tersebut. Jika ingin mensosialisakin perpustakaan online terebut harus ada
sarana, kita punya sarana disini, di kelas akselerasi punya sarana, biar
nyambung. Karena kita disini tidak punya sarana nak, kita perlu sarana telepon
dan computer, akses kesini juga belom ada. Jadi belum dapat kita selenggarakan
program itu karena sarena belum ada. Ibu garis bawahi sarana harus pertama.
8.
Apakah ibu sudah mengajukan ke kepala sekolah mengenai sarana tersebut?
oh bias nak, Cuman ini
kan baru pertengahan tahun. Untuk tahun kedepannya mungkin ibu akan ajukan, dan
dari kelas akselerasi perlu juga mengajukan. Contohnya SMAN 99 Jakarta dia
sudah melaksanakan progam ini, disana juga sudah ada fasilitas lift.
9.
Buku-buku yang di rak yang terkunci itu, bagaimana system peminjamannya bu?
Kalo itu ibu khususkan
ke buku olimpiade, anak-anak yang ikut olimpiade itu supaya dia tidak susah
nyari buku itu. Kalo anak yang olimpiade meminjam buku itu, ibu bebaskan waktu pengembaliannya.
Tapi kalo anak yang lain mau minjem
boleh nak, tapi harus tepat waktu mengembalikannya.
10. Apakah perpustakaan ini pernah mengikuti lomba bu?
Pernah tapi dulu nak,
ketika fasilitas perpustakaaan belum memadai.
11. Tugas pokok pustakawan itu apa bu?
pokonya itu,
mengelola, menangani pelanggaran-pelanggaran, dan melayani siswa dan siswi di
perpustakaan.
12. Kalo ada jam pelajaran yang kosong itu ada anak yang ke perpustakaan membaca novel, nonton tv, itu diperbolekan
bu?
Kan ada aturannya itu
ada tv nya, apa sebab?, itu untuk refreshing, karena dia mungkin jenuh, bias
dia nonton tv. Jika ada anak yang belajar, dia ribut, maka otomatis ibu tegur .
13. Mungkin sarana yang ada di perpustakaan ini udah
lengkap, tapi ada gak bu, sarana yang kurang atau belum terpnuhi?
Ada, ibu perlu
Komputer, disini cuma ada 2 komputer untuk memasukan administrasi. Ibu perlu
komputer lagi untuk memudahkan anak-anak dalam mencari buku, dia bisa cuma
search di computer untuk mengecek buku itu ada atau tidak.
14. Kira-kira berapa jumlah buku yang ada di perpustakaan
ini bu?
Belasan ribu nak.
15. Berapa petugas yang bertugas disini bu?
Cuma 2 petugas saja
nak, ditambah 1 guru piket per hari nya
dan hanya membantu melayani murid murid yang meminjam buku.
16. Susah senangnya menjadi pustakawan itu apa bu?
menurut hobi nak, kalo
ibu sih senang saja. Melayani anak anak, ya menurut karakter anak-anaknya, ada
yang bandel. Suka dukanya pas kita lagi tidak mood, ada anak yang perbuatannya tidak
enak, pasti meledak juiga lah. Tapi anak-anknya juga harus memaklumi. Suka
dukanya pasti banyak menurut kita sendiri.
17. Dengan adanya hasil karya tulis itu gimana bu?
Yang itu hasil
daripada guru-guru yang mencari sarjana. Dan ada hasil daripada anak-anak yang
membuat tugas dan diseleksi oleh guru-guru, mana yang dianggap bagus ditaruh di
perpustakaan dengan tujuan anak-anak
bisa membaca mana baik buruknhya kalo disuruh membuat karya tuli yang
baik.
18. Bagaimana dengan pameran buku itu bu?
Pameran buku itu kalo
ada buku yang belom diolah, kalo ada buku buru, missal ada dagang buku kesini,
ada buku baru, ibu taruh disana. Kalo ada banyak siswa yang berminat dengan
buku itu, Ibu akan ajukan ke pihak sekolah agar buku itu dibeli dan dikoleksi di
perpustakaan.
Koleksi
Perpustakaan
v Koleksi
buku dapat dipinjam dan dapat dibawa pulang.
v Peminjam
tidak boleh membawa pulang buku referensi, majala dan tugas penelitian.
v Koleksi
dapat di foto kopi dengan syarat meninggalkan kartu indetitas.
VISI dan MISi
Perpustakaan SMA Negeri 2 Jakarta
Visi
- Mewujudkan perpustakaan sekolah sebagai salah satu pusat sumber belajar yang memiliki keunggulan dalam akademik, teknologi serta ketrampilan.
Misi
- Menumbuhkembangkan niat serta minat baca warga sekolah.
- Meningkatkan frekeunsi kunjungan ke perpustakaan sekolah melalui berbagai cara.
- Melakukan upaya penambahan koleksi perpustakaan guna memenuhi kebutuhan warga sekolah.
- Merintis penyelenggarakan perpustakaan digital untuk sekolah.
Kesimpulan
Dari Berbagai masalah yang saya temui selama di
Perpustakaan SMAN 2 Jakarta maka saya dapat mengambil kesimpulan :
1.Semang kerja pegawai perpustakaan akan sangat mendukung majunya perpustakaan. Semagat yang dimaksudkan adalah Kwalitas kerja.
2.Kerjasama antara pegawai pustaka dan para pengguna perpustakaan harus harmonis.
3.Perpustakaan SMAN 2 Jakarta masih belum memiliki fasilitas yang memadai.
1.Semang kerja pegawai perpustakaan akan sangat mendukung majunya perpustakaan. Semagat yang dimaksudkan adalah Kwalitas kerja.
2.Kerjasama antara pegawai pustaka dan para pengguna perpustakaan harus harmonis.
3.Perpustakaan SMAN 2 Jakarta masih belum memiliki fasilitas yang memadai.
Penutup
Perpustakaan adalah suatu unit kerja dari suatu lembaga yang berisi koleksi buku sebagai penunjang dalam meningkatkan sumber belajar yang diatur untuk dibaca, dipelajari, dan dijadikan bahan rujukan. Suatu lembaga pendidikan tidak mungkin dapat terselenggara dengan baik jika para guru dan para siswa tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.
Perpustakaan adalah suatu unit kerja dari suatu lembaga yang berisi koleksi buku sebagai penunjang dalam meningkatkan sumber belajar yang diatur untuk dibaca, dipelajari, dan dijadikan bahan rujukan. Suatu lembaga pendidikan tidak mungkin dapat terselenggara dengan baik jika para guru dan para siswa tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.
Daftar
Pustaka
Pengantar Ilmu
Peroustakaan, Sulistyo-Basuki. Jakarta: Gramedia, 1991
Tidak ada komentar:
Posting Komentar