Senin, 22 Desember 2014

Hasil Wawancara Perpustakaan Sekolah (PAPER)





I.                  Latar Belakang

Perpustakaan merupakan pintu gerbang pengetahuan, menyediakan kebutuhan dasar bagi pembelajaran sepanjang hayat, serta pengembangan kebebasan dan budaya, baik bagi individu maupun kelompok.
Perpustakaan dapat diartikan sebagai suatu unit kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu yang menghimpun, mengelola bahan-bahan pustaka, baik itu berupa buku-buku maupun berupa bukan berupa buku yang diatur secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga dapat digunakan sebagai sumber informasi oleh pemakainya. Sedangkan perpustakaan sekolah adalah suatu perpustakaan yang ada di sekolah guna menunjang program belajar mengajar di lembaga pendidikan, baik sekolah dasar maupun sekolah menengah.


Waktu dan Tempat Kegiatan
Acara ini dilaksanakan pada:
Hari / Tanggal                 : Jum’at, 12 Desember 2014.
Pukul                               : 13.00 WIB - Selesai.
Tempat                            : Jl. Sumbawa Raya 3 Perumnas III, Jakarta.














II.               Pembahasan

Selamat pagi Ibu maaf mengganggu kami dari kelas akselerasi akan melakukan wawancara tentang perpustakaan ini. Mohon Ibu bersedia sebagai Narasumber dalam wawancara ini.

1.      Pengunjung perpustakaan SMAN 2 Jakarta per-hari rata-rata berapa bu? Sedikit, sedang atau banyak?
2.       
sekarang ini anak-anak senang ke perpustakaan , mungkin perpustakaan ini membantu dalam dia belajar, fasilatasnya. Dulu dulunya minat baca anak-anak  kurang, bahkan dulu ibu bikin resume  untuk menambah minat baca anak-anak, fasilitas ibu juga lengkapi.

2.      Perpustakaan ini mulai banyak pengunjungnya sekitar tahun berapa buk?

sekitar 7 tahun yang lalu, sebelum itu perpustakaan itu dipandang sebelah mata oleh anak-anak, mungkin karena fasilitas kurang, buku-bukunya tidak lengkap. Ibu mulai bertugas disini dari tahun 2000, dulu perpustakaannya letaknya di belakang UKS, pengelolaannya tidak begitu, setelah ibu dapat penataran, sekian kali penataran, dapat tambahan tentang perpustakaan, dan  sebetulnya jurusan ibu bukan perpustakaan, jurusan ibu umum, tetapi setelah ibu mengelola ini mulai tahun 2000, melihat keadaannmya seperti itu, ya perlu saya perbaiki, setelah ibu sekian kali ada disini dan tujuan ibu memperbaiki perpustakaan ini, sehingga anak-anak itu senang ke perpustakaan.
Sebelum itu ada reward untuk anak anak yang sering ke perpustakaan dapet hadiah kecil-kecilan, makanya anak-anak senang jadinya, dan untuk menarik perhatian anak-anak.

3.      Buku jenis apa yang lebih disukai/diminati  bu, fiksi ataukah nonfiksi bu?

tergantung anak-anaknya, kalo dia itu jurusannya IPA kalo anak-anaknya pintar pintar, ibu tau mana anak yang pintar mana yang tidak. Kalo anak yang pintar pasti dia mencari buku pelajaran, kalo umpanya menjelang libur  dia mencari fiksi untuk refreshing mungkin, seperti novel komik. Kalo anaknya pintar seperti IPA8, IPA7, pasti dia mencari buku ilmu murni. Tapi kalo anak IPS biasanya kebanyakan dia mencari fiksi.

4.      Dari segi tingkatan kelas, kelas apa yang sering mengunjungi perpustakaan bu?

ya jelas kelas XII karena akan menjelang ujian. Menurut pengamatan ibu  sementara ini.

5.      Bagaimana dengan keterlambatan pengembalian buku atau buku yang rudak itu bu?

kalau buku rusak  ibu tidak pernah mempersahkan, tapi ibu tegur saja, karena kalau buku itu lusuh, lusuh itu wajar, karena anaknya itu senang belajar kan. Mungkin ada anak yang jorok , mungkin ditiduri, nah jangan sampai seperti itu. Kalau buku rusak itu karena dibaca,
 itu tidak bermasalah, itu bagus bagi ibu, malah kalau buku itu bersih, kan keliatan anak itu tidak pernah dibaca bukunya. Kalau dia terlambat mengembalikan ibu kenakan sanksi juga, kena denda Rp.500 perharinya. Itu hanya untuk disiplin.




6.      Buku di perpustakaan ini  semua dari dana sekolah apa ada bantuan lain bu?

ada bantuan dari BOP, dana BOS, instansi masing masing, ada koperasi, Dinas Pendidikan. Ada alumni yang menyumbangkan. Itu ibu terima dengan senah hati, ibu kelola,ibu cap, diisikan barkot, punggung buku.



7.      Bagaimana dengan perpustakaan maya/online bu? apakah akan disosialisasikan bu?

waktu yang lalu kan ibu penataran ke bogor, konsultasi dengan SMA di malang, SMA malang itu punya kelas akselerasi. Trus kalo kelas akselerasi mau minjam buku, dia tinggal nelpon ke perpustakaan dan petugas akan membawakan bukunya ke kelas akselerasi tersebut. Jika ingin mensosialisakin perpustakaan online terebut harus ada sarana, kita punya sarana disini, di kelas akselerasi punya sarana, biar nyambung. Karena kita disini tidak punya sarana nak, kita perlu sarana telepon dan computer, akses kesini juga belom ada. Jadi belum dapat kita selenggarakan program itu karena sarena belum ada. Ibu garis bawahi sarana harus pertama.

8.      Apakah ibu sudah mengajukan ke kepala sekolah mengenai sarana tersebut?

oh bias nak, Cuman ini kan baru pertengahan tahun. Untuk tahun kedepannya mungkin ibu akan ajukan, dan dari kelas akselerasi perlu juga mengajukan. Contohnya SMAN 99 Jakarta dia sudah melaksanakan progam ini, disana juga sudah ada fasilitas lift.

9.      Buku-buku yang di rak yang terkunci itu, bagaimana system peminjamannya bu?

Kalo itu ibu khususkan ke buku olimpiade, anak-anak yang ikut olimpiade itu supaya dia tidak susah nyari buku itu. Kalo anak yang olimpiade meminjam buku itu, ibu bebaskan waktu pengembaliannya. Tapi kalo anak yang lain mau  minjem boleh nak, tapi harus tepat waktu mengembalikannya.

10.  Apakah perpustakaan ini pernah mengikuti lomba bu?

Pernah tapi dulu nak, ketika fasilitas perpustakaaan belum memadai.

11.  Tugas pokok pustakawan itu apa bu?

pokonya itu, mengelola, menangani pelanggaran-pelanggaran, dan melayani siswa dan siswi di perpustakaan.

12.  Kalo ada jam pelajaran yang kosong  itu ada anak yang ke perpustakaan  membaca novel, nonton tv, itu diperbolekan bu?

Kan ada aturannya itu ada tv nya, apa sebab?, itu untuk refreshing, karena dia mungkin jenuh, bias dia nonton tv. Jika ada anak yang belajar, dia ribut, maka otomatis ibu tegur .



13.  Mungkin sarana yang ada di perpustakaan ini udah lengkap, tapi ada gak bu, sarana yang kurang atau belum terpnuhi?

Ada, ibu perlu Komputer, disini cuma ada 2 komputer untuk memasukan administrasi. Ibu perlu komputer lagi untuk memudahkan anak-anak dalam mencari buku, dia bisa cuma search di computer untuk mengecek buku itu ada atau tidak.


14.  Kira-kira berapa jumlah buku yang ada di perpustakaan ini bu?

Belasan ribu nak.

15.  Berapa petugas yang bertugas disini bu?

Cuma 2 petugas saja nak, ditambah 1 guru piket  per hari nya dan hanya membantu melayani murid murid yang meminjam buku.

16.  Susah senangnya menjadi pustakawan  itu apa bu?

menurut hobi nak, kalo ibu sih senang saja. Melayani anak anak, ya menurut karakter anak-anaknya, ada yang bandel. Suka dukanya pas kita lagi tidak mood, ada anak yang perbuatannya tidak enak, pasti meledak juiga lah. Tapi anak-anknya juga harus memaklumi. Suka dukanya pasti banyak menurut kita sendiri.

17.  Dengan adanya hasil karya tulis itu gimana bu?

Yang itu hasil daripada guru-guru yang mencari sarjana. Dan ada hasil daripada anak-anak yang membuat tugas dan diseleksi oleh guru-guru, mana yang dianggap bagus ditaruh di perpustakaan dengan tujuan anak-anak  bisa membaca mana baik buruknhya kalo disuruh membuat karya tuli yang baik.

18.  Bagaimana dengan pameran buku itu bu?

Pameran buku itu kalo ada buku yang belom diolah, kalo ada buku buru, missal ada dagang buku kesini, ada buku baru, ibu taruh disana. Kalo ada banyak siswa yang berminat dengan buku itu, Ibu akan ajukan ke pihak sekolah agar buku itu dibeli dan dikoleksi di perpustakaan.


 Koleksi Perpustakaan

v Koleksi buku dapat dipinjam dan dapat dibawa pulang.
v Peminjam tidak boleh membawa pulang buku referensi, majala dan tugas penelitian.
v Koleksi dapat di foto kopi dengan syarat meninggalkan kartu indetitas.








VISI dan MISi Perpustakaan SMA Negeri 2 Jakarta

Visi
  • Mewujudkan perpustakaan sekolah sebagai salah satu pusat sumber belajar yang memiliki keunggulan dalam akademik, teknologi serta ketrampilan.
Misi
  • Menumbuhkembangkan niat serta minat baca warga sekolah.
  • Meningkatkan frekeunsi kunjungan ke perpustakaan sekolah melalui berbagai cara.
  • Melakukan upaya penambahan koleksi perpustakaan guna memenuhi kebutuhan warga sekolah.
  • Merintis penyelenggarakan perpustakaan digital untuk sekolah.

Kesimpulan

Dari Berbagai masalah yang saya temui selama di Perpustakaan SMAN 2 Jakarta maka saya dapat mengambil kesimpulan :

1.Semang kerja pegawai perpustakaan akan sangat mendukung majunya   perpustakaan. Semagat yang dimaksudkan adalah Kwalitas kerja.
2.Kerjasama antara pegawai pustaka dan para pengguna perpustakaan harus harmonis.
3.Perpustakaan SMAN 2 Jakarta masih belum memiliki fasilitas yang memadai
.







Penutup

           
Perpustakaan adalah suatu unit kerja dari suatu lembaga yang berisi koleksi buku sebagai penunjang dalam meningkatkan sumber belajar yang diatur untuk dibaca, dipelajari, dan dijadikan bahan rujukan. Suatu lembaga pendidikan tidak mungkin dapat terselenggara dengan baik jika para guru dan para siswa tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.



Daftar Pustaka

Pengantar Ilmu Peroustakaan, Sulistyo-Basuki. Jakarta: Gramedia, 1991

Tidak ada komentar:

Posting Komentar